Teknik Konstruksi Kapal Baja


Kapal adalah kendaraan pengangkut penumpang di laut, pada semuadaerah yang mempunyai perairan tertentu.Sejak dahulu, orang sudah menggunakan kapal sebagai saranatransportasi laut. Hal ini sudah menjadi kebiasaan hubungan antara kelompokorang dengan kelompok orang lainnya. Semua ini diperlukan sebagai saranatransportasi laut. Alat untuk transportasi itu adalah kapal atau perahu.Dengan menggunakan kapal, orang akan dapat menuju ke suatu tempatuntuk berkomunikasi dengan orang lain untuk tujuan tertentu..Dengan adanya perbedaan tempat oleh perairan, yang memiliki sifatdan kedalaman yang berbeda-beda, maka diperlukan sebuah kapal yangmampu untuk melintasi perairan yang luas. Dengan adanya perkembanganilmu pengetahuan dan teknologi, maka peranan penggunaan kapal pun ikutberkembang. Bila dahulu kapal hanya digunakan untuk sarana transportasilaut , maka sekarang ini kapal digunakan untuk membawa muatan,berperang, mencari minyak,ekspor / impor dan lain-lainya.Sehubungan dengan Dunia Perkapalan saat ini, sarana transportasiilaut diisi oleh armada-armada kapal dagang. Kapal-kapal tersebut bergunauntuk membawa muatan melalui perairan dengan aman, cepat dan ekonomis.Sebagian besar 3/5 permukaan bumi terdiri dari air. Pada abad ini dan yangakan datang kapal masih berfungsi sebagai kebutuhan hidup di muka bumiini, baik langsung maupun tidak langsung. Untuk itu diperlukan peranankapal,. misalnya untuk mengangkut orang atau barang, penelitian di laut,penambangan minyak dan, penangkapan ikan serta penambangan minerallainnya.Kapal dengan bentuk dan konstruksinya mempunyai fungsi tertentuyang tergantung, pada tiga faktor utama, yaitu jenis (macam) kargo yang dibawa, bahan baku kapal, daerah operasi (pelayaran) kapal.Kapal pembawa muatan dibagi menjadi tiga bagian yaitu : kapal kargo,kapal tangki, dan kapal penumpang.Sedangkan kapal kargo juga dibagi lagi menurut cara muatannya yaitukapal peti kemas (kontainer), kapal palet , kapal roll on roll off (Ro-ro).Kapal tangki adalah kapal yang khusus digunakan untuk membawaminyak mentah, minyak hasil penyulingan gas alam cair, dan lain-lain.Kapal penumpang dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu kapalpenyeberang (feri), kapal penumpang umum.Pengkhususan terhadap jenis muatan memberi dampak peningkatanefisiensi dan produktifitas. Karakteristik sebuah kapal akan berpengaruhterhadap konstruksi kapal tersebut. Berkaitan dengan konstruksi kapaltersebut sangat erat hubungan antara susunan kerangka utama dengan elat-pelat kulit kapal sebagai konstruksi yang dapat dibagi menjadi tigamacam yaitu: (a) Konstruksi Memanjang, (b) Konstruksi Melintang, (c)Konstruksi Kombinasi (kombinasi antara konstruksi memanjang danmelintang).Secara umum perlu pula diperhatikan cara pembangunan konstruksikapal perlu sarana dan prasarana dengan memakai cara/metode yang lebihefisien. Kemampuan konstruksi diartikan sebagai pemakaian ilmu danpengalaman konstruksi dalam perencanaan, perancangan ( design ), operasilapangan untuk memperoleh objektifitas proyek keseluruhan. 

web kompetensi keahlian teknik konstruksi kapal baja : kkb.smkn10smg.sch.id