GURU SMK 10 SEMARANG JUARA NASIONAL INOBEL

26 Oktober 2017  |  00:00  |  Hardo Sujatmiko  |  Berita  |  Dilihat : 382x

Direktorat Jenderal  Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru SMA SMK 2017. Perlombaan tingkat nasional yang digelar 18-21 Oktober 2017 itu diselenggarakan di Hotel Universitas Negeri Yogyakarta. Perlombaan ini berlangsung dalam 3 tahap diantaranya, seleksi tahap I yang merupakan seleksi administrasi secara daring terdaftar 1.400 pendaftar, seleksi tahap II yaitu seleksi naskah yang terdiri dari penilaian konten dan plagiarisme (Sitasi dan Similarity). Peserta lomba terdiri atas 41 guru SMA dan 41 guru SMK yang telah lolos seleksi tahap III dipanggil ke UNY sebagai finalis. Tujuan lomba untuk meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme guru. Para guru dituntunt berinovasi untuk memecahkan masalah proses pembelajaran. Dengan demikian guru mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik.

Juara 1 tingkat SMK diraih oleh Hardo Sujatmiko, M.Pd guru  SMK Negeri 10 Semarang yang mengangkat judul Pengembangan Media Penilaian Electronic Test Berbasis Android di SMK 10 Semarang. Tujuan penelitian  ini adalah  untuk mengembangkan aplikasi media penilaian berbasis Android yang diberi nama Electronic Test  yang dibuat dengan Software Flash CS 6. Kumpulan soal-soal mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital yang tertulis di kertas diubah dan dimasukkan pada array selanjutnya  dikeluarkan secara acak dengan  jumlah soal, jawaban dan sistem score yang dapat diubah sesuai kebutuhan. Guru dapat mengembangkan aplikasi ini dengan mudah karena sudah disiapkan dalam bentuk template.
 
Aplikasi media penilaian ini merupakan pengembangan  kompetensi membuat buku digital (ebook) atau Electronic Publish (epub)  di  mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Aplikasi ini  diharapkan menjadi paket lengkap bagi siswa agar mampu membuat dan menggunakan buku-buku Digital serta bisa berlatih soal-soal ujian/test yang dipasang pada perangkat Android siswa, sehingga siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun mereka berada.
 
Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri dari  Define, Design, Develop, dan Disseminate. Kevalidan media penilaian Electronic Test  dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan pengguna yaitu guru dan siswadiperoleh skor rata-rata 54,00 dan masuk dalam kategori sangat layak.  Keefektifan media penilaian Electronic Test  dilakukan dengan membandingkan hasil belajar pretest dan posttest aspek pengetahuan pada  materi komunikasi daring, pengolah kata, pengolah angka dan simulasi visual pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Hasil  rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan baik pada uji terbatas dan uji luas, yaitu dari rata-rata 73.37 menjadi rata-rata 80.68, sehingga dapat disimpulkan media penilaian Electronic Test     berbasis Android sangat layak dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan mata pelajaran Simulasi Digital.
Aplikasi ini telah di desiminasikan/disebarluaska kepada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Simulasi dan Komunikasi Digital di Kota Semarang. Pengembangan lebih lanjut dalam aplikasi ini dibuat sistem level seperti layaknya permainan Game, sehingga siswa merasa tertantang untuk belajar dan membaca sumber belajar berupa ebook agar bisa mengerjakan soal-soal dan masuk ke level 2, 3 dan seterusnya.
Aplikasi ini juga mendukung program pemerintah untuk menghemat kertas (Paperless) karena kumpulan soal-soal yang ada dikertas dimasukkan ke dalam database yang dikeluarkan secara acak baik nomor soalnya maupun posisi jawabannya. Aplikasi ini sangat bisa diterapkan untuk mata pelajaran yang lain tinggal menyesuaikan materi pembelajaran dengan soal-soal yang disimpan di database.

Drs. H. Bambang sujatmiko, M.Si selakau kepala SMK Negeri 10 Semarang BERAMAL  merasa berbahagia atas prestasi tingkat Nasional yang diraih, prestasi ini setidaknya  sebagai bukti dan sesuai dengan slogan BERAMAL yang salah satu maknanya Akbar ( besar).  Beliau berharap akan banyak lagi prestasi-prestasi yang diraih  oleh SMK Negeri 10 Semarang kedepannya baik oleh guru maupun siswa.

Share: